Kami telah menyiapkan artikel yang sangat informatif tentang game pembelajaran paling populer untuk anak berusia 5 tahun. Di sini Anda dapat membaca tentang kontribusi permainan ini untuk pengembangan mental, harga pasar rata-rata, dan apa yang harus diperhatikan. Selain itu, Anda dapat mencari tahu tentang 3D, kertas, dan mainan kayu dan game pembelajaran yang dapat dimainkan dengan perangkat keluarga atau teknologi.

1. Game Kubus Rubik

Dengan kata lain, kubus kesabaran, adalah permainan kecerdasan mekanis yang mengharuskan menggabungkan kotak berwarna sama di wajah yang sama dan terdiri dari 6 wajah berwarna berbeda. Mainan ini cocok untuk anak di atas usia prasekolah dan 3 tahun tetapi terutama direkomendasikan untuk anak berusia di atas 5 tahun. Karena itu tidak mudah untuk menarik anak-anak di usia 3-4 tahun. Meskipun demikian, jika anak-anak Anda yang lebih kecil tertarik, tidak masalah bagi mereka untuk bermain. Jika Anda memperhatikan anak Anda saat bermain dengan kubus rubik, Anda harus mencatat waktu. Saat ia mencoba untuk mempersingkat waktu penyelesaian permainan, mekanisme pengambilan keputusan anak Anda akan meningkat. Di sisi lain, koordinasi tangan-mata anak Anda juga akan berkembang.

2. Game Tangram

Ini sangat terkenal di kategori permainan dengan versi 7 potongan geometris tetapi tangram yang terdiri lebih dari 7 buah juga tersedia. Dengan menggabungkan potongan-potongan geometris dalam berbagai bentuk, Anda dapat mendesain gambar bayangan dari ratusan objek. Jika Anda memutuskan untuk membeli permainan tangram, pastikan untuk memiliki sampel konten gambar di dalam kotak. Ketika anak-anak mencoba melakukan gambar yang sama seperti yang terlihat dalam gambar sampel, mereka meningkatkan kecerdasan visual dan keterampilan perhatian mereka. Game tangram tersedia dalam bahan kayu, plastik, atau kertas. Tangram adalah permainan yang menyenangkan dan juga memberikan perkembangan mental.

3. Game Katamino

Ini adalah permainan intelijen yang terbuat dari potongan-potongan yang disebut Pentaminos. Pentaminos mirip dengan gambar dalam game tetris. Tujuan permainan ini adalah untuk merancang berbagai bentuk dengan menggabungkan pentaminos bersama-sama. Katamino adalah game yang cocok dan menyenangkan untuk anak di atas 3 tahun. Alasan mengapa kami merekomendasikan game ini untuk anak berusia 5 tahun adalah karena anak Anda memiliki kapasitas untuk memahami dan mengevaluasi konsep game dengan jelas. Game katamino membantu mengembangkan keterampilan berpikir analitis, kecerdasan visual, dan kemampuan konsentrasi.

4. Game Ker Plunk

Tujuan permainan ini adalah untuk melepaskan tongkat dari tabung sambil menjatuhkan kelereng sebanyak mungkin. Orang yang menjatuhkan kelereng paling banyak harus kalah dari permainan. Permainan ini dapat dimainkan dengan 2 orang atau lebih dan memiliki teknik yang sangat sederhana, sehingga mungkin cocok untuk anak-anak yang lebih muda juga. Namun, itu tidak dianjurkan untuk anak-anak di bawah usia 5 karena mengandung tongkat yang dapat berbahaya bagi mereka. Ini adalah pilihan yang baik di antara game pembelajaran untuk anak berusia 5 tahun, yang meningkatkan perhatian dan konsentrasi.

5. Game Menara Hanoi

Ini adalah permainan kecerdasan matematika dengan aturan sederhana tetapi tidak sesederhana kelihatannya. Ini terdiri dari 3 batang dan 8 disk bulat dengan berbagai ukuran. Hanya 1 disk yang dipindahkan per putaran dan disk yang lebih besar tidak dapat ditempatkan pada disk yang lebih kecil. Cakram awalnya ditumpuk dalam ukuran yang meningkat pada salah satu dari tiga batang. Tujuan dari game Hanoi adalah memindahkan seluruh tumpukan ke batang lain dalam urutan yang benar. Jumlah gerakan itu penting. Lebih sedikit gerakan lebih baik.

6. Game MentalUP

Anda dapat melihat game pembelajaran MentalUP untuk anak-anak Anda yang berusia 5 tahun. Ini adalah aplikasi yang dapat diandalkan dengan sertifikat PRODUK PEDAGOGICAL. Apa yang ada di Lembar Kerja Harian MentalUP? Ada permainan yang menyenangkan seperti mengeja dan menemukan kata! Ini bukan hanya permainan kecerdasan verbal; game kecerdasan matematika; game perhatian, memori dan kecerdasan visual juga ada di MentalUP.